Daftar Informasi
Informasi Umum
Apa itu Program Seleksi BERSINAR ?
Program Seleksi Bersinar adalah Jalur Seleksi melalui Nilai rapor tanpa tes/ujian masuk kecuali Pilihan Arsitekur wajib tes gambar.
Pendaftaran jalur bersinar mulai tanggal 1 November 2023 s.d 14 September 2024
Kuota Penerimaan Mahasiswa Jalur bersinar ini berbeda-beda untuk setiap program studi dan akan ditutup apabila kuota sudah terpenuhi.
Syarat Pendaftaran Jalur bersinar ini mengunggah/upload rapor dari kelas X s.d XII dalam bentuk jpf/pdf.
Hasil seleksi jalur Bersinar diumumkan melakui akun pendaftaran masing-masing, paling lambat 3 (tiga) hari setelah setelah melakukan pendaftaran.
Bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus seleksi jalur Bersinar, harap dapat melakukan daftar ulang maksimal 1 (satu) minggu setelah pengumuman hasil kelulusan.
Persyaratan Peserta
- Warga Negara Indonesia
- Siswa / Siswi SMA / SMK / MA lulusan tahun 2024
- Memiliki nilai rapor Kelas X (Semester 1 dan 2), Kelas XI (Semester 1 dan 2), dan Kelas XII (Semester 1 saja), dengan nilai rata-rata minimal 8.0
Proses Pendaftaran
- Mahasiswa membuat akun pendaftaran, setelah membuat akun login ke akun pendaftaran mengisi data-data diri seperti:
- Nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, no.telp/hp, alamat email, asal sekolah.
- Serta informasi lainnya.
- Menentukan program studi yang diminati, pendaftar hanya diperkenankan memilih 1 (satu) program studi saja.
- Pendaftar hanya boleh memilih 1 (satu) program studi saja.
- Pendaftar mengunggah file rapor dari kelas X s.d kelas XII dalam format file PDF atau JPEG.
- Cetak Kartu Peserta Seleksi, menunggu hasil.
- Tim registrasi akan melakukan verifikasi terhadap semua data dan dokumen pendaftar. Apabila ada persyaratan dokumen yang masih kurang, maka peserta akan dihubungi dan mendapatkan kesempatan waktu paling lama 3 hari untuk melengkapinya.
- Pendaftar yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi, akan diumumkan pada laman web http://pmbunivpancasila.ac.id/ selambatnya H+3 setelah Verifikasi.
- Hasil Seleksi Bersinar dapat dilihat pada akun pendaftaran masing-masing, silahkan login/daftar dengan no Pendaftaran, klik cetak pengumuman hasil seleksi/klik cetak bukti lulus.
- Pendaftar yang diterima, segera melakukan daftar ulang maksimal H+7.
- Apabila pendaftar tidak melakukan pendaftaran ulang setelah H+7 maka dianggap gugur/mengundurkan diri.
Persyaratan Daftar Ulang
Persyaratan Daftar Ulang bagi yang diterima Program BERSINAR yaitu
- Jika peserta lulus seleksi dan dinyatakan diterima, selanjutnya melakukan pembayaran biaya daftar ulang sebesar Rp.300.000, uang sumbangan yang sudah ditentukan dan uang kuliah semester 1 dengan cara:
Login pada laman web https://pmb.univpancasila.ac.id/, pilih Skema Pembayaran (pilih pembayaran). Untuk cara lebih jelas, klik link ini. KLIK DISINI - Calon mahasiswa melakukan pembayaran di bank sesuai dengan nomor VA yang tercantum didalam kartu Pembayaran.
- Calon mahasiswa setelah melakukan pembayaran melengkapi dokumen-dokumen Registrasi yang tertera di laman web dan mengunggahnya pada laman web yang sudah disediakan, atau dapat diserahkan langsung di tempat pendaftaran mahasiswa baru Universitas Pancasila.