Jalur Bersinar/Seleksi Rapor

Daftar Informasi

Informasi Umum

Apa itu Program Seleksi BERSINAR ?

Program Seleksi Bersinar adalah Jalur Seleksi melalui Nilai rapor tanpa tes/ujian masuk kecuali Pilihan Arsitekur wajib tes gambar.

Pendaftaran jalur bersinar mulai tanggal 1 November 2023 s.d 14 September 2024

Kuota Penerimaan Mahasiswa Jalur bersinar ini berbeda-beda untuk setiap program studi dan akan ditutup apabila kuota sudah terpenuhi.

Syarat Pendaftaran Jalur bersinar ini mengunggah/upload rapor dari kelas X s.d XII dalam bentuk jpf/pdf.

Hasil seleksi jalur Bersinar diumumkan melakui akun pendaftaran masing-masing, paling lambat 3 (tiga) hari setelah setelah melakukan pendaftaran.

Bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus seleksi jalur Bersinar, harap dapat melakukan daftar ulang maksimal 1 (satu) minggu setelah pengumuman hasil kelulusan.

Persyaratan Peserta

  1. Warga Negara Indonesia
  2. Siswa / Siswi SMA / SMK / MA lulusan tahun 2024
  3. Memiliki nilai rapor Kelas X (Semester 1 dan 2), Kelas XI (Semester 1 dan 2), dan Kelas XII (Semester 1 saja), dengan nilai rata-rata minimal 8.0

Proses Pendaftaran

  1. Mahasiswa membuat akun pendaftaran, setelah membuat akun login ke akun pendaftaran mengisi data-data diri seperti:
    • Nama, tempat dan tanggal lahir, alamat, no.telp/hp, alamat email, asal sekolah.
    • Serta informasi lainnya.
  2. Menentukan program studi yang diminati, pendaftar hanya diperkenankan memilih 1 (satu) program studi saja.
  3. Pendaftar hanya boleh memilih 1 (satu) program studi saja.
  4. Pendaftar mengunggah file rapor dari kelas X s.d kelas XII dalam format file PDF atau JPEG.
  5. Cetak Kartu Peserta Seleksi, menunggu hasil.
  6. Tim registrasi akan melakukan verifikasi terhadap semua data dan dokumen pendaftar. Apabila ada persyaratan dokumen yang masih kurang, maka peserta akan dihubungi dan mendapatkan kesempatan waktu paling lama 3 hari untuk melengkapinya.
  7. Pendaftar yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi, akan diumumkan pada laman web http://pmbunivpancasila.ac.id/ selambatnya H+3 setelah Verifikasi.
  8. Hasil Seleksi Bersinar dapat dilihat pada akun pendaftaran masing-masing, silahkan login/daftar dengan no Pendaftaran, klik cetak pengumuman hasil seleksi/klik cetak bukti lulus.
  9. Pendaftar yang diterima, segera melakukan daftar ulang maksimal H+7.
  10. Apabila pendaftar tidak melakukan pendaftaran ulang setelah H+7 maka dianggap gugur/mengundurkan diri.

Persyaratan Daftar Ulang

Persyaratan Daftar Ulang bagi yang diterima Program BERSINAR yaitu

  1. Jika peserta lulus seleksi dan dinyatakan diterima, selanjutnya melakukan pembayaran biaya daftar ulang sebesar Rp.300.000, uang sumbangan yang sudah ditentukan dan uang kuliah semester 1 dengan cara:
    Login pada laman web https://pmb.univpancasila.ac.id/, pilih Skema Pembayaran (pilih pembayaran). Untuk cara lebih jelas, klik link ini. KLIK DISINI
  2. Calon mahasiswa melakukan pembayaran di bank sesuai dengan nomor VA yang tercantum didalam kartu Pembayaran.
  3. Calon mahasiswa setelah melakukan pembayaran melengkapi dokumen-dokumen Registrasi yang tertera di laman web dan mengunggahnya pada laman web yang sudah disediakan, atau dapat diserahkan langsung di tempat pendaftaran mahasiswa baru Universitas Pancasila.

Program Studi yang Dapat Dipilih