Daftar Informasi
Persyaratan Peserta
Syarat umum
- SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta dalam negeri.
- Lulusan setara SMA luar negeri yang telah mendapat surat keterangan kesetaraan dari Kemendikbud atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
- Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.
Syarat khusus Mahasiswa Pindahan
- Mengisi formulir pendaftaran online, setelah itu melakukan Konversi Mata Kuliah Ke Program Studi Universitas Pancasila (info lebih lanjut, hubungi prodi tujuan).
- Perguruan Tinggi asal harus terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT). Untuk info Perguruan Tinggi yang Terdaftar di PDPT silahkan klik disini .
- Memiliki Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi asal.
Alur Pendaftaran
Petunjuk Pembayaran
Jadwal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Gasal 2024/2025
Perkuliahan dimulai September 2024 (Reguler & Reguler Khusus)
Gelombang | Pendaftaran Online | Jadwal Seleksi |
I | 1 November 2023 - 23 Februari 204 |
|
II | 24 Februari 2024 - 26 April 2024 |
|
III | 27 April 2024 - 29 Juni 2024 |
|
IV | 30 Juni 2024- 14 September 2024 | SETIAP HARI |
Program Studi
Fakultas | Nama Prodi | Persyaratan Lulusan SMA/SMK/MA |
EKONOMI DAN BISNIS | S1 MANAJEMEN S1 AKUNTANSI D3 AKUNTANSI D3 PERPAJAKAN |
|
HUKUM | S1 HUKUM |
|
TEKNIK | S1 ARSITEKTUR S1 TEKNIK SIPIL S1 TEKNIK MESIN S1 TEKNIK INDUSTRI S1 TEKNIK INFORMATIKA S1 TEKNIK ELEKTRO S1 TEKNIK PERKERETAAPIAN D3 TEKNIK MESIN D3 TEKNIK ELEKTRO |
|
KOMUNIKASI | S1 ILMU KOMUNIKASI |
|
FARMASI | S1 FARMASI D3 FARMASI |
|
PARIWISATA | S1 PARIWISATA |
|
PSIKOLOGI | S1 PSIKOLOGI |
|
Materi Tes
No | Fakultas | Materi Tes |
1 | Ekonomi dan Bisnis |
|
2 | Farmasi |
|
3 | Hukum |
|
4 | Teknik |
|
5 | Psikologi |
|
6 | Ilmu Komunikasi |
|
7 | Pariwisata |
|
Persyaratan Daftar Ulang
Persyaratan Daftar Ulang bagi yang diterima Program Reguler yaitu,
Untuk cara lebih detail silahkan klik link berikut Tata Cara Pendaftaran
Memilih metode pembayaran dan cetak nomor billing dengan cara :
- Buka web http://pmb.univpancasila.ac.id Lalu Login.
- Pada menu PENDAFTARAN, pada data pendaftaran yang diikuti, klik DETAIL lalu pilih VIEW
- Pilih ‘CETAK’ pada Program Studi yang dipilih
- Kemudian, klik tombol PILIH PEMBAYARAN
- Selanjutnya akan tampil beberapa pilihan skema pembayaran. Silahkan lengkapi setiap pilihan yang tersedia mulai dari PILIH PRODI dan JENIS PEMBAYARAN, kemudian tekan SUBMIT
- Kemudian, tampilan akan kembali ke halaman Detail Pendaftaran, pada kolom Detail Pendaftaran, Calon Mahasiswa Baru dapat mencetak Kartu Pembayaran dengan menekan tombol PRINT KARTU PEMBAYARAN.
- Silahkan membayar uang kuliah SMT 1 sesuai Bank dan tanggal yang tertera pada billingnya
- Upload Dokumen Registrasi paling lambat 1 (satu) minggu setelah melakukan Pembayaran Semester 1 :
- Mengisi Sistem Informasi Mahasiswa (SIM), klik link yang tersedia, isi data secara lengkap dan klik Simpan.>
- Print dan Isi Dokumen Sistem Aktifitas Mahasiswa (SAM) lalu di upload pada menu yang tersedia.
- Print dan isi dokumen Surat Pernyataan lalu upload pada menu yang tersedia
- Upload Fotocopy KTP.
- Upload Fotocopy Kartu Keluarga.
- Upload Fotocopy Ijazah, Jika Ijazah belum ada bisa menyusul.
- Upload Surat Keterangan Bebas Narkoba, yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik.
- Upload Surat Keterangan Sehat (Khusus Fakultas Psiokologi), yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik
- Upload Surat Keterangan Tidak Buta Warna (Khusus Fakultas Farmasi dan Program Studi Arsitektur), yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik.
- Upload Pas foto Berwarna – Pakaian Kemeja
NOTED: Pengambilan Jaket Almamater paling lambat tanggal 31 Agustus 2024. Jika proses Registrasi / Daftar Ulang sudah selesai, selanjutnya adalah mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).
Uang Kuliah Program Reguler
Catatan Penting
- Biaya Pendaftaran Rp. 100.000,00-
- Biaya belum termasuk biaya Daftar Ulang per tahun, biaya Bimbingan Skripsi dan Wisuda, dan Ijazah
- Biaya sudah termasuk jaket almamater dan asuransi selama kuliah di universitas pancasila
- Bila mengundurkan diri karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri untuk Program Studi S1, setara dan Ikatan Dinas Pemerintah biaya akan dikembalikan dengan membebankan biaya administrasi sebesar Rp 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah)
- Bila mengundurkan diri dengan alasan selain poin 4, dana yang telah disetorkan akan dikembalikan sebesar 50% dari jumlah biaya kuliah semester 1
- Batas pengajuan megundurkan diri selambat-lambatnya tangggal 31 Agustus 2024 dan pencairan/ pengembalian dana akan dikembalikan di bulan Oktober 2024 ke nomor rekening penerima dana
- Persyaratan pengembalian dana karena mengundurkan diri, di terima di Program Studi S1 Negeri dan setara, Ikatan dinas Pemerintah dengan melampirkan :
- Bukti hasil seleksi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
- Bukti pembayaran di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
- Bukti pembayaran di Universitas Pancasila
- Surat Permohonan Pengunduran Diri
- Nomor Rekening (Bank Mandiri atau BNI) untuk pengembalian dana pada bulan Oktober 2024
- Bagi Mahasiswa Program S1 yang belum lulus hingga akhir semester 8, akan dikenakan baiaya SKS dan BPP persemesternya.
- Mahasiswa Jenjang Studi D3, D4 dan S1 yang telah diterima, dapat memilih skema pembayaran biaya pendidikan, seperti di bawah ini :
- Skema 1 (satu) Pembayaran Lunas Paket Satu Semester Pertama, mendapatkan cashback 10% (sepuluh persen) khusus 50 orang mahasiswa di Pembayaran Gelombang Pertama (5 Januari s.d. 25 Februari 2024).
- Skema 2 (dua) Pembayaran Lunas Paket Satu Semester Pertama, mendapat cashback 5% (lima persen) khusus 50 orang mahasiswa di Pembayaran sampai dengan bulan Agustus 2024.
- Skema 3 (tiga) Pembayaran Lunas Paket Delapan Semester cashback 15% (lima belas persen).
- Skema 4 (empat) Metode Angsuran 6 (enam) kali.
Note : Persentase di hitung dari paket Semester 1
Cashback akan diberikan pada Bulan Oktober 2024