Informasi Umum D3, D4, & S1 Reguler 2024/2025

Daftar Informasi

Persyaratan Peserta

Syarat umum

  1. SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta dalam negeri.
  2. Lulusan setara SMA luar negeri yang telah mendapat surat keterangan kesetaraan dari Kemendikbud atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

Syarat khusus Mahasiswa Pindahan

  1. Mengisi formulir pendaftaran online, setelah itu melakukan Konversi Mata Kuliah Ke Program Studi Universitas Pancasila (info lebih lanjut, hubungi prodi tujuan).
  2. Perguruan Tinggi asal harus terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT). Untuk info Perguruan Tinggi yang Terdaftar di PDPT silahkan klik disini .
  3. Memiliki Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi asal.

Alur Pendaftaran

Petunjuk Pembayaran

Jadwal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Gasal 2024/2025

Perkuliahan dimulai September 2024 (Reguler & Reguler Khusus)

Gelombang
Pendaftaran Online
Jadwal Seleksi
I
1 November 2023 - 23 Februari 204
  • Sabtu, 2 Desember 2023
  • Sabtu, 16 Desember 2023
  • Sabtu, 30 Desember 2023
  • Sabtu, 13 Januari 2024
  • Sabtu, 27 Januari 2024
  • Sabtu, 10 Februari 2024
  • Sabtu, 24 Februari 2024
II
24 Februari 2024 - 26 April 2024
  • Sabtu, 2 Maret 2024
  • Sabtu, 9 Maret 2024
  • Sabtu, 16 Maret 2024
  • Sabtu, 23 Maret 2024
  • Sabtu, 30 Maret 2024
  • Sabtu, 6 April 2024
  • Sabtu, 20 April 2024
  • Sabtu, 27 April 2024
III
27 April 2024 - 29 Juni 2024
  • Rabu, 1 Mei 2024
  • Sabtu, 4 Mei 2024
  • Minggu, 5 Mei 2024
  • Rabu, 8 Mei 2024
  • Sabtu, 11 Mei 2024
  • Minggu, 12 Mei 2024
  • Rabu, 15 Mei 2024
  • Sabtu, 18 Mei 2024
  • Minggu, 19 Mei 2024
  • Rabu, 22 Mei 2024
  • Sabtu, 25 Mei 2024
  • Minggu, 26 Mei 2024
  • Rabu, 29 Mei 2024
  • Sabtu, 1 Juni 2024
  • Minggu, 2 Juni 2024
  • Rabu, 5 Juni 2024
  • Sabtu, 8 Juni 2024
  • Minggu, 9 Juni 2024
  • Rabu, 12 Juni 2024
  • Sabtu, 15 Juni 2024
  • Minggu, 16 Juni 2024
  • Rabu, 19 Juni 2024
  • Sabtu, 22 Juni 2024
  • Minggu, 23 Juni 2024
  • Rabu, 26 Juni 2024
  • Sabtu, 29 Juni 2024
  • Minggu, 30 Juni 2024
IV
30 Juni 2024- 14 September 2024
SETIAP HARI

Program Studi

Fakultas
Nama Prodi
Persyaratan Lulusan SMA/SMK/MA
EKONOMI DAN BISNIS
S1 MANAJEMEN
S1 AKUNTANSI
D3 AKUNTANSI
D3 PERPAJAKAN
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
HUKUM
S1 HUKUM
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
TEKNIK
S1 ARSITEKTUR
S1 TEKNIK SIPIL
S1 TEKNIK MESIN
S1 TEKNIK INDUSTRI
S1 TEKNIK INFORMATIKA
S1 TEKNIK ELEKTRO
S1 TEKNIK PERKERETAAPIAN
D3 TEKNIK MESIN
D3 TEKNIK ELEKTRO
  • SMK (sesuai jurusan)
  • SMA (IPA), IPS (untuk jurusan Arsitektur, Teknik Industri, dan Teknik Informatika, Teknik Perkeretaapian)
KOMUNIKASI
S1 ILMU KOMUNIKASI
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
FARMASI
S1 FARMASI
D3 FARMASI
  • SMA/MA (IPA)
  • Sekolah Analisis Kimia (SAK)
  • SMF
PARIWISATA
S1 PARIWISATA
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
  • SMIP
PSIKOLOGI
S1 PSIKOLOGI
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)

Materi Tes

No
Fakultas
Materi Tes
1
Ekonomi dan Bisnis
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
  • Ilmu Ekonomi
2
Farmasi
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
  • Kimia dan Biologi
  • Wawancara
3
Hukum
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
4
Teknik
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
  • Matematika
  • Menggambar (Khusus Prodi Arsitektur)
5
Psikologi
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
  • Wajib Mengisi Kuisioner
6
Ilmu Komunikasi
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris
  • Wawancara
7
Pariwisata
  • Tes Potensi Akademik (TPA)
  • Bahasa Inggris

Persyaratan Daftar Ulang

Persyaratan Daftar Ulang bagi yang diterima Program Reguler yaitu,

Untuk cara lebih detail silahkan klik link berikut Tata Cara Pendaftaran

Memilih metode pembayaran dan cetak nomor billing dengan cara :

  1. Buka web http://pmb.univpancasila.ac.id Lalu Login.
  2. Pada menu PENDAFTARAN, pada data pendaftaran yang diikuti, klik DETAIL lalu pilih VIEW
  3. Pilih ‘CETAK’ pada Program Studi yang dipilih
  4. Kemudian, klik tombol PILIH PEMBAYARAN
  5. Selanjutnya akan tampil beberapa pilihan skema pembayaran. Silahkan lengkapi setiap pilihan yang tersedia mulai dari PILIH PRODI dan JENIS PEMBAYARAN, kemudian tekan SUBMIT
  6. Kemudian, tampilan akan kembali ke halaman Detail Pendaftaran, pada kolom Detail Pendaftaran, Calon Mahasiswa Baru dapat mencetak Kartu Pembayaran dengan menekan tombol PRINT KARTU PEMBAYARAN.
  7. Silahkan membayar uang kuliah SMT 1 sesuai Bank dan tanggal yang tertera pada billingnya
  8. Upload Dokumen Registrasi paling lambat 1 (satu) minggu setelah melakukan Pembayaran Semester 1 :
    1. Mengisi Sistem Informasi Mahasiswa (SIM), klik link yang tersedia, isi data secara lengkap dan klik Simpan.>
    2. Print dan Isi Dokumen Sistem Aktifitas Mahasiswa (SAM) lalu di upload pada menu yang tersedia.
    3. Print dan isi dokumen Surat Pernyataan lalu upload pada menu yang tersedia
    4. Upload Fotocopy KTP.
    5. Upload Fotocopy Kartu Keluarga.
    6. Upload Fotocopy Ijazah, Jika Ijazah belum ada bisa menyusul.
    7. Upload Surat Keterangan Bebas Narkoba, yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik.
    8. Upload Surat Keterangan Sehat (Khusus Fakultas Psiokologi), yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik
    9. Upload Surat Keterangan Tidak Buta Warna (Khusus Fakultas Farmasi dan Program Studi Arsitektur), yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik.
    10. Upload Pas foto Berwarna – Pakaian Kemeja

 

NOTED: Pengambilan Jaket Almamater paling lambat tanggal 31 Agustus 2024. Jika proses Registrasi / Daftar Ulang sudah selesai, selanjutnya adalah mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

Uang Kuliah Program Reguler

Catatan Penting

  1. Biaya Pendaftaran Rp. 100.000,00- 
  2. Biaya belum termasuk biaya Daftar Ulang per tahun, biaya Bimbingan Skripsi dan Wisuda, dan Ijazah
  3. Biaya sudah termasuk jaket almamater dan asuransi selama kuliah di universitas pancasila
  4. Bila mengundurkan diri karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri untuk Program Studi S1, setara dan Ikatan Dinas Pemerintah biaya akan dikembalikan dengan membebankan biaya administrasi sebesar Rp 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah)
  5. Bila mengundurkan diri dengan alasan selain poin 4, dana yang telah disetorkan akan dikembalikan sebesar 50% dari jumlah biaya kuliah semester 1
  6. Batas pengajuan megundurkan diri selambat-lambatnya tangggal 31 Agustus 2024 dan pencairan/ pengembalian dana akan dikembalikan di bulan Oktober 2024 ke nomor rekening penerima dana
  7. Persyaratan pengembalian dana karena mengundurkan diri, di terima di Program Studi S1 Negeri dan setara, Ikatan dinas Pemerintah dengan melampirkan :
    1. Bukti hasil seleksi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
    2. Bukti pembayaran di Perguruan Tinggi Negeri (PTN)
    3. Bukti pembayaran di Universitas Pancasila
    4. Surat Permohonan Pengunduran Diri
    5. Nomor Rekening (Bank Mandiri atau BNI) untuk pengembalian dana pada bulan Oktober 2024
    6. Bagi Mahasiswa Program S1 yang belum lulus hingga akhir semester 8, akan dikenakan baiaya SKS dan BPP persemesternya.
    7. Mahasiswa Jenjang Studi D3, D4 dan S1 yang telah diterima, dapat memilih skema pembayaran biaya pendidikan, seperti di bawah ini :
      1. Skema 1 (satu) Pembayaran Lunas Paket Satu Semester Pertama, mendapatkan cashback 10% (sepuluh persen) khusus 50 orang mahasiswa di Pembayaran Gelombang Pertama (5 Januari s.d. 25 Februari 2024).
      2. Skema 2 (dua) Pembayaran Lunas Paket Satu Semester Pertama, mendapat cashback 5% (lima persen) khusus 50 orang mahasiswa di Pembayaran sampai dengan bulan Agustus 2024.
      3. Skema 3 (tiga) Pembayaran Lunas Paket Delapan Semester cashback 15% (lima belas persen).
      4. Skema 4 (empat) Metode Angsuran 6 (enam) kali.

Note : Persentase di hitung dari paket Semester 1

Cashback akan diberikan pada Bulan Oktober 2024