Informasi Reguler S1 & D3

Daftar Informasi

Persyaratan Peserta

Syarat umum

  1. SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta dalam negeri.
  2. Lulusan setara SMA luar negeri yang telah mendapat surat keterangan kesetaraan dari Kemendikbud atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

Syarat khusus Mahasiswa Pindahan

  1. Mengisi formulir pendaftaran online, setelah itu melakukan Konversi Mata Kuliah Ke Program Studi Universitas Pancasila (info lebih lanjut, hubungi prodi tujuan).
  2. Perguruan Tinggi asal harus terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT). Untuk info Perguruan Tinggi yang Terdaftar di PDPT silahkan klik disini .
  3. Memiliki Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi asal.

Alur Pendaftaran

Petunjuk Pembayaran

Jadwal Seleksi Genap 2022/2023

Gelombang
Pendaftaran Online
Jadwal Seleksi
I
15 Oktober 2022 - 1 Desember 2022
  • Minggu, 22 Oktober 2022
  • MInggu, 6 November 2022
  • Minggu, 20 November 2022
  • Minggu, 27 November 2022
II
01 Desember 2022 - 5 Januari 2023
  • Sabtu, 3 Desember 2022
  • Minggu, 18 Desember 2022
  • Sabtu, 31 Desember 2022
III
5 Januari 2023 - 11 Februari 2023
  • Sabtu, 7 Januari 2023
  • Minggu, 15 Januari 2023
  • Sabtu, 29 Januari 2023
  • Minggu, 5 Februari 2023
  • Minggu, 12 Februari 2023

Jadwal Seleksi Gasal 2023/2024

Gelombang
Pendaftaran Online
Jadwal Seleksi
I
5 Januari 2023 - 25 Februari 2023
  • Sabtu, 21 Januari 2023
  • Sabtu, 28 Januari 2023
  • Sabtu, 4 Februari 2023
  • Sabtu, 11 Februari 2023
  • Sabtu, 18 Februari 2023
  • Sabtu, 25 Februari 2023
II
25 Februari 2023 - 29 April 2023
  • Sabtu, 4 Maret 2023
  • Sabtu, 11 Maret 2023
  • Sabtu, 18 Maret 2023
  • Sabtu, 25 Maret 2023
  • Sabtu, 1 April 2023
  • Sabtu, 8 April 2023
  • Sabtu, 15 April 2023
  • Sabtu, 29 April 2023
III
30 April 2023 - 27 Juni 2023
  • Rabu, 3 Mei 2023
  • Sabtu, 6 Mei 2023
  • Minggu, 7 Mei 2023
  • Rabu, 10 Mei 2023
  • Sabtu, 13 Mei 2023
  • Minggu, 14 Mei 2023
  • Rabu, 17 Mei 2023
  • Sabtu, 20 Mei 2023
  • Minggu, 21 Mei 2023
  • Rabu, 24 Mei 2023
  • Sabtu, 27 Mei 2023
  • Minggu, 28 Mei 2023
  • Rabu, 31 Mei 2023
  • Sabtu, 3 Juni 2023
  • Minggu, 4 Juni 2023
  • Rabu, 7 Juni 2023
  • Sabtu, 10 Juni 2023
  • Minggu, 11 Juni 2023
  • Rabu, 14 Juni 2023
  • Sabtu, 17 Juni 2023
  • Minggu, 18 Juni 2023
  • Rabu, 21 Juni 2023
  • Sabtu, 24 Juni 2023
  • Minggu, 25 Juni 2023
  • Rabu, 28 Juni 2023
IV
28 Juni 2023 - 31 Agustus 2023
SETIAP HARI

Program Studi

NoFakultasNama ProdiPERSYARATAN LULUSAN SMA/SMK/MA
1EKONOMI DAN BISNISS1 MANAJEMEN- SMA/MA (semua jurusan)
- SMK (semua jurusan)
2S1 AKUNTANSI
3D3 AKUNTANSI
4D3 Perpajakan
5HUKUMS1 HUKUM- SMA/MA (Semua Jurusan)
- SMK (semua jurusan)
6TEKNIKS1 ARSITEKTUR- SMK (sesuai jurusan)
- SMA (IPA), IPS (untuk jurusan Arsitektur, Teknik Industri, dan Teknik Informatika)
7S1 TEKNIK SIPIL
8S1 TEKNIK MESIN
9S1 TEKNIK INDUSTRI
10S1 TEKNIK INFORMATIKA
11S1 TEKNIK ELEKTRO
12D3 TEKNIK MESIN
13D3 TEKNIK ELEKTRO
14KOMUNIKASIS1 ILMU KOMUNIKASI- SMA/MA (semua jurusan)
- SMK (semua jurusan)
15FARMASIS1 FARMASI- SMA/MA (IPA)
- Sekolah Analisis Kimia (SAK)
- SMF
16D3 FARMASI
17PARIWISATAS1 PARIWISATA- SMA/MA (semua jurusan)
- SMK (semua jurusan)
- SMIP
18PSIKOLOGIS1 PSIKOLOGI- SMA/MA (semua jurusan)
- SMK (semua jurusan)

Materi Tes

NoFakultasMateri Tes
1Ekonomi dan Bisnis- Tes Potensi Akademik (TPA)
- Bahasa Inggris
- Ilmu Ekonomi
2Farmasi- Tes Potensi Akademik (TPA)
- Bahasa Inggris
- Kimia dan Biologi
- Wawancara
3Hukum- Tes Potensi Akademik (TPA)
- Bahasa Inggris
4Teknik- Tes Potensi Akademik (TPA)
- Bahasa Inggris
- Matematika
- Menggambar (Khusus Prodi Arsitektur)
5Psikologi- Tes Potensi Akademik (TPA)
- Bahasa Inggris
- Wajib Mengisi Kuisioner
6Ilmu Komunikasi- Tes Potensi Akademik (TPA)
- Bahasa Inggris
7Pariwisata - Tes Potensi Akademik (TPA)
- Bahasa Inggris

Persyaratan Daftar Ulang

Persyaratan Daftar Ulang bagi yang diterima Program Reguler yaitu,

Untuk cara lebih detail silahkan klik link berikut Tata Cara Pendaftaran

Memilih metode pembayaran dan cetak nomor billing dengan cara :

  1. Buka web http://pmb.univpancasila.ac.id Lalu Login.
  2. Pada menu PENDAFTARAN, pada data pendaftaran yang diikuti, klik DETAIL lalu pilih VIEW
  3. Pilih ‘CETAK’ pada Program Studi yang dipilih
  4. Kemudian, klik tombol PILIH PEMBAYARAN
  5. Selanjutnya akan tampil beberapa pilihan skema pembayaran. Silahkan lengkapi setiap pilihan yang tersedia mulai dari PILIH PRODI dan JENIS PEMBAYARAN, kemudian tekan SUBMIT
  6. Kemudian, tampilan akan kembali ke halaman Detail Pendaftaran, pada kolom Detail Pendaftaran, Calon Mahasiswa Baru dapat mencetak Kartu Pembayaran dengan menekan tombol PRINT KARTU PEMBAYARAN.
  7. Silahkan membayar uang kuliah SMT 1 sesuai Bank dan tanggal yang tertera pada billingnya
  8. Cek Status Pembayaran, jika sudah ceklis biru artinya sudah diverfiikasi oleh Keuangan UP.
  9. Menyiapkan & Menyerahkan Berkas-berkas Registrasi paling lambat 1 (satu) minggu setelah melakukan Pembayaran Semester 1 :
    1. Mengisi Sistem Informasi Mahasiswa (SIM), klik link yang tersedia, isi data secara lengkap dan klik Simpan.>
    2. Print Sistem Aktifitas Mahasiswa (SAM), klik link yang tersedia, isi Formnya jika ada yang diminati.
    3. Print Surat Pernyataan, klik link yang tersedia, isi Surat Pernyaan tersebut dan ditanda tangani.
    4. Print Bukti Lulus/diterima di Universitas Pancasila, lihat akun pendaftaran masing-masing.
    5. Fotocopy KTP.
    6. Fotocopy Kartu Keluarga.
    7. Fotocopy Ijazah, Jika Ijazah belum ada bisa menyusul.
    8. Surat Keterangan Bebas Narkoba, yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik.
    9. Surat Keterangan Sehat (Khusus Fakultas Psiokologi), yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik
    10. Surat Keterangan Tidak Buta Warna (Khusus Fakultas Farmasi dan Program Studi Arsitektur), yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik.
    11. Pas foto Berwarna – Pakaian Kemeja (di belakang foto ditulis nama) dengan Jumlah dan Ukuran sebagai berikut:
      Ukuran & JumlahDiperlukan Untuk
      2 x 3 = 1 lembar1 untuk Fakultas
      3 x 4 = 5 lembar2 untuk SAM, 3 untuk Fakultas
      4 x 6 = 2 lembar2 untuk Fakultas
      1. Semua berkas diserahkan ke tempat Pendaftaran untuk dilakukan Verifikasi sekaligus pengambilan Jaket almamater (jika dikarenakan sesuatu dan lain hal calon mahasiswa tidak bisa datang ke kampus untuk menyerahkan berkas pendaftaran ulang, maka berkas dapat di upload pada http://pmbonline.univpancasila.ac.id akun pendaftaran masing-masing).
      2. Pengambilan Jaket Alamater paling lambat tanggal 31 Agustus 2023.
    1. Jika proses Registrasi/Daftar Ulang sudah selesai, selanjutnya adalah mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).

                 Awal Kuliah

    1. Semester Genap 2022/2023 Maret 2023
    2. Semester Gasal 2023/2024 September 2023

Uang Kuliah Program Reguler

Uang Kuliah Program Reguler Khusus

Catatan Penting

  1. Gratis biaya pendaftaran dan tes/seleksi untuk Mahasiswa Baru.
  2. Biaya belum termasuk biaya Daftar Ulang per tahun, biaya Bimbingan Skripsi dan Wisuda, dan Ijazah
  3. Biaya sudah termasuk biaya kursus bahasa Inggris LIA Level 1 sampai dengan Level 4 tingkat dasar, Jaket Almamater, dan Asuransi selama kuliah di Universitas Pancasila
  4. Bila mengundurkan diri karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri untuk Program Studi S1, setara dan Ikatan Dinas Pemerintah biaya akan dikembalikan dengan membebankan biaya administrasi sebesar Rp 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah)
  5. Bila mengundurkan diri dengan alasan selain poin 4, dana yang telah disetorkan akan dikembalikan sebesar 50% dari jumlah biaya kuliah semester 1
  6. Batas pengajuan megundurkan diri selambat-lambatnya tangggal 31 Agustus 2022 dan pencairan/ pengembalian dana akan dikembalikan di bulan September 2022 ke nomor rekening penerima dana
  7. Persyaratan pengembalian dana karena mengundurkan diri, di terima di Program Studi S1 Negeri dan setara, Ikatan dinas Pemerintah dengan melampirkan :
    1. Bukti kelulusan diterima di Perguruan Tinggi Negeri
    2. Fotocopy kwitansi pembayaran di Perguruan Tinggi Negeri
    3. Kwitansi Asli pembayaran di Universitas Pancasila
    4. Surat Permohonan Pengunduran Diri (bagi yang mengundurkan diri selain diterima di PTN)
    5. Fotocopy buku tabungan Bank Mandiri atau BNI
    6. Bagi Mahasiswa Program S1 yang belum lulus hingga akhir semester 8, akan dikenakan baiaya SKS dan BPP persemesternya.
    7. Mahasiswa Jenjang Studi D3 dan S1 yang telah diterima, dapat memilih skema pembayaran biaya pendidikan, seperti di bawah ini :
      1. Skema 1 (satu) Pembayaran Lunas Paket Satu Semester Pertama, Discount 10% (sepuluh persen) khusus 50 orang mahasiswa di Pembayaran Test Gelombang Pertama.
      2. Skema 2 (dua) Pembayaran Lunas Paket Satu Semester Pertama, Discount 5% (lima persen) khusus 50 orang mahasiswa di Pembayaran sampai dengan bulan Agustus 2022.
      3. Skema 3 (tiga) Pembayaran Lunas Paket Delapan Semester Discount 15% (lima belas persen).
      4. Skema 4 (empat) Metode Angsuran 6 (enam) kali.
NOANGSURAN
Tes Tertulis Bulan
FEBMARAPRMEIJUNJULAGUSTSEPOKTNOPDES
16(enam) kali10%10%20%20%20%20%     
26(enam) kali 10%10%20%20%20%20%    
36(enam) kali  10%10%20%20%20%20%   
46(enam) kali   10%10%20%20%20%20%  
56(enam) kali    20%20%20%20%10%10% 
66(enam) kali     20%40%10%10%10%10%
75(lima) kali      60%10%10%10%10%

Note : Persentase di hitung dari paket Semester 1