Informasi Umum D3, D4, & S1 Reguler Khusus 2024/2025

Daftar Informasi

Persyaratan Peserta

Syarat umum

  1. SMA/SMK/MA/MAK negeri maupun swasta dalam negeri.
  2. Lulusan setara SMA luar negeri yang telah mendapat surat keterangan kesetaraan dari Kemendikbud atau Dinas Pendidikan dan Kebudayaan.
  3. Memenuhi persyaratan kesehatan yang ditetapkan oleh program studi masing-masing.

Syarat khusus Mahasiswa Pindahan

  1. Mengisi formulir pendaftaran online, setelah itu melakukan Konversi Mata Kuliah Ke Program Studi Universitas Pancasila (info lebih lanjut, hubungi prodi tujuan).
  2. Perguruan Tinggi asal harus terdaftar di Pangkalan Data Perguruan Tinggi (PDPT). Untuk info Perguruan Tinggi yang Terdaftar di PDPT silahkan klik disini .
  3. Memiliki Surat Keterangan dari Perguruan Tinggi asal.

Alur Pendaftaran

Petunjuk Pembayaran

Jadwal Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru Gasal 2024/2025

Perkuliahan dimulai September 2024 (Reguler & Reguler Khusus)

Gelombang
Pendaftaran Online
Jadwal Seleksi
I
1 November 2023 - 23 Februari 204
  • Sabtu, 2 Desember 2023
  • Sabtu, 16 Desember 2023
  • Sabtu, 30 Desember 2023
  • Sabtu, 13 Januari 2024
  • Sabtu, 27 Januari 2024
  • Sabtu, 10 Februari 2024
  • Sabtu, 24 Februari 2024
II
24 Februari 2024 - 26 April 2024
  • Sabtu, 2 Maret 2024
  • Sabtu, 9 Maret 2024
  • Sabtu, 16 Maret 2024
  • Sabtu, 23 Maret 2024
  • Sabtu, 30 Maret 2024
  • Sabtu, 6 April 2024
  • Sabtu, 20 April 2024
  • Sabtu, 27 April 2024
III
27 April 2024 - 29 Juni 2024
  • Rabu, 1 Mei 2024
  • Sabtu, 4 Mei 2024
  • Minggu, 5 Mei 2024
  • Rabu, 8 Mei 2024
  • Sabtu, 11 Mei 2024
  • Minggu, 12 Mei 2024
  • Rabu, 15 Mei 2024
  • Sabtu, 18 Mei 2024
  • Minggu, 19 Mei 2024
  • Rabu, 22 Mei 2024
  • Sabtu, 25 Mei 2024
  • Minggu, 26 Mei 2024
  • Rabu, 29 Mei 2024
  • Sabtu, 1 Juni 2024
  • Minggu, 2 Juni 2024
  • Rabu, 5 Juni 2024
  • Sabtu, 8 Juni 2024
  • Minggu, 9 Juni 2024
  • Rabu, 12 Juni 2024
  • Sabtu, 15 Juni 2024
  • Minggu, 16 Juni 2024
  • Rabu, 19 Juni 2024
  • Sabtu, 22 Juni 2024
  • Minggu, 23 Juni 2024
  • Rabu, 26 Juni 2024
  • Sabtu, 29 Juni 2024
  • Minggu, 30 Juni 2024
IV
30 Juni 2024- 14 September 2024
SETIAP HARI

Program Studi

Fakultas
Nama Prodi
Persyaratan Lulusan SMA/SMK/MA
EKONOMI DAN BISNIS
S1 MANAJEMEN
S1 AKUNTANSI
D3 AKUNTANSI
D3 PERPAJAKAN
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
HUKUM
S1 HUKUM
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
TEKNIK
S1 ARSITEKTUR
S1 TEKNIK SIPIL
S1 TEKNIK MESIN
S1 TEKNIK INDUSTRI
S1 TEKNIK INFORMATIKA
S1 TEKNIK ELEKTRO
S1 TEKNIK PERKERETAAPIAN
D3 TEKNIK MESIN
D3 TEKNIK ELEKTRO
  • SMK (sesuai jurusan)
  • SMA (IPA), IPS (untuk jurusan Arsitektur, Teknik Industri, dan Teknik Informatika, Teknik Perkeretaapian)
KOMUNIKASI
S1 ILMU KOMUNIKASI
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
FARMASI
S1 FARMASI
D3 FARMASI
  • SMA/MA (IPA)
  • Sekolah Analisis Kimia (SAK)
  • SMF
PARIWISATA
S1 PARIWISATA
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)
  • SMIP
PSIKOLOGI
S1 PSIKOLOGI
  • SMA / MA (semua jurusan)
  • SMK (semua jurusan)

Materi Tes

NoFakultasMateri Tes
1Ekonomi dan Bisnis- Tes Potensi Akademik (TPA)
- Bahasa Inggris
- Ilmu Ekonomi
2Farmasi- Tes Potensi Akademik (TPA)
- Bahasa Inggris
- Kimia dan Biologi
- Wawancara
3Hukum- Tes Potensi Akademik (TPA)
- Bahasa Inggris
4Teknik- Tes Potensi Akademik (TPA)
- Bahasa Inggris
- Matematika
- Menggambar (Khusus Prodi Arsitektur)
5Psikologi- Tes Potensi Akademik (TPA)
- Bahasa Inggris
- Wajib Mengisi Kuisioner
6Ilmu Komunikasi- Tes Potensi Akademik (TPA)
- Bahasa Inggris
7Pariwisata - Tes Potensi Akademik (TPA)
- Bahasa Inggris

Persyaratan Daftar Ulang

Persyaratan Daftar Ulang bagi yang diterima Program Reguler yaitu,

Untuk cara lebih detail silahkan klik link berikut Tata Cara Pendaftaran

Memilih metode pembayaran dan cetak nomor billing dengan cara :

  1. Buka web http://pmb.univpancasila.ac.id Lalu Login.
  2. Pada menu PENDAFTARAN, pada data pendaftaran yang diikuti, klik DETAIL lalu pilih VIEW
  3. Pilih ‘CETAK’ pada Program Studi yang dipilih
  4. Kemudian, klik tombol PILIH PEMBAYARAN
  5. Selanjutnya akan tampil beberapa pilihan skema pembayaran. Silahkan lengkapi setiap pilihan yang tersedia mulai dari PILIH PRODI dan JENIS PEMBAYARAN, kemudian tekan SUBMIT
  6. Kemudian, tampilan akan kembali ke halaman Detail Pendaftaran, pada kolom Detail Pendaftaran, Calon Mahasiswa Baru dapat mencetak Kartu Pembayaran dengan menekan tombol PRINT KARTU PEMBAYARAN.
  7. Silahkan membayar uang kuliah SMT 1 sesuai Bank dan tanggal yang tertera pada billingnya
  8. Cek Status Pembayaran, jika sudah ceklis biru artinya sudah diverfiikasi oleh Keuangan UP.
  9. Menyiapkan & Menyerahkan Berkas-berkas Registrasi paling lambat 1 (satu) minggu setelah melakukan Pembayaran Semester 1 :
    1. Mengisi Sistem Informasi Mahasiswa (SIM), klik link yang tersedia, isi data secara lengkap dan klik Simpan.>
    2. Print Sistem Aktifitas Mahasiswa (SAM), klik link yang tersedia, isi Formnya jika ada yang diminati.
    3. Print Surat Pernyataan, klik link yang tersedia, isi Surat Pernyaan tersebut dan ditanda tangani.
    4. Print Bukti Lulus/diterima di Universitas Pancasila, lihat akun pendaftaran masing-masing.
    5. Fotocopy KTP.
    6. Fotocopy Kartu Keluarga.
    7. Fotocopy Ijazah, Jika Ijazah belum ada bisa menyusul.
    8. Surat Keterangan Bebas Narkoba, yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik.
    9. Surat Keterangan Sehat (Khusus Fakultas Psiokologi), yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik
    10. Surat Keterangan Tidak Buta Warna (Khusus Fakultas Farmasi dan Program Studi Arsitektur), yang dikeluarkan oleh Rumah Sakit/Lab Kesehatan /Klinik.
    11. Pas foto Berwarna – Pakaian Kemeja (di belakang foto ditulis nama) dengan Jumlah dan Ukuran sebagai berikut:
      Ukuran & JumlahDiperlukan Untuk
      2 x 3 = 1 lembar1 untuk Fakultas
      3 x 4 = 5 lembar2 untuk SAM, 3 untuk Fakultas
      4 x 6 = 2 lembar2 untuk Fakultas
      1. Semua berkas diserahkan ke tempat Pendaftaran untuk dilakukan Verifikasi sekaligus pengambilan Jaket almamater (jika dikarenakan sesuatu dan lain hal calon mahasiswa tidak bisa datang ke kampus untuk menyerahkan berkas pendaftaran ulang, maka berkas dapat di upload pada http://pmbonline.univpancasila.ac.id akun pendaftaran masing-masing).
      2. Pengambilan Jaket Alamater paling lambat tanggal 31 Agustus 2023.
    1. Jika proses Registrasi/Daftar Ulang sudah selesai, selanjutnya adalah mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).
  1.  

Uang Kuliah Program Reguler Khusus

Catatan Penting

  1. Gratis biaya pendaftaran dan tes/seleksi untuk Mahasiswa Baru.
  2. Biaya belum termasuk biaya Daftar Ulang per tahun, biaya Bimbingan Skripsi dan Wisuda, dan Ijazah
  3. Biaya sudah termasuk jaket almamater dan asuransi selama kuliah di universitas pancasila
  4. Bila mengundurkan diri karena diterima di Perguruan Tinggi Negeri untuk Program Studi S1, setara dan Ikatan Dinas Pemerintah biaya akan dikembalikan dengan membebankan biaya administrasi sebesar Rp 2.000.000,- (Dua Juta Rupiah)
  5. Bila mengundurkan diri dengan alasan selain poin 4, dana yang telah disetorkan akan dikembalikan sebesar 50% dari jumlah biaya kuliah semester 1
  6. Batas pengajuan megundurkan diri selambat-lambatnya tangggal 31 Agustus 2023 dan pencairan/ pengembalian dana akan dikembalikan di bulan Oktober 2023 ke nomor rekening penerima dana
  7. Persyaratan pengembalian dana karena mengundurkan diri, di terima di Program Studi S1 Negeri dan setara, Ikatan dinas Pemerintah dengan melampirkan :
    1. Bukti kelulusan diterima di Perguruan Tinggi Negeri
    2. Fotocopy kwitansi pembayaran di Perguruan Tinggi Negeri
    3. Kwitansi Asli pembayaran di Universitas Pancasila
    4. Surat Permohonan Pengunduran Diri (bagi yang mengundurkan diri selain diterima di PTN)
    5. Fotocopy buku tabungan Bank Mandiri atau BNI
    6. Bagi Mahasiswa Program S1 yang belum lulus hingga akhir semester 8, akan dikenakan baiaya SKS dan BPP persemesternya.
    7. Mahasiswa Jenjang Studi D3, D4 dan S1 yang telah diterima, dapat memilih skema pembayaran biaya pendidikan, seperti di bawah ini :
      1. Skema 1 (satu) Pembayaran Lunas Paket Satu Semester Pertama, mendapatkan cashback 10% (sepuluh persen) khusus 50 orang mahasiswa di Pembayaran Gelombang Pertama (5 Januari s.d. 25 Februari 2023).
      2. Skema 2 (dua) Pembayaran Lunas Paket Satu Semester Pertama, mendapat cashback 5% (lima persen) khusus 50 orang mahasiswa di Pembayaran sampai dengan bulan Agustus 2023.
      3. Skema 3 (tiga) Pembayaran Lunas Paket Delapan Semester cashback 15% (lima belas persen).
      4. Skema 4 (empat) Metode Angsuran 6 (enam) kali.
NOANGSURAN
Tes Tertulis Bulan
FEBMARAPRMEIJUNJULAGUSTSEPOKTNOPDES
16(enam) kali10%10%20%20%20%20%     
26(enam) kali 10%10%20%20%20%20%    
36(enam) kali  10%10%20%20%20%20%   
46(enam) kali   10%10%20%20%20%20%  
56(enam) kali    20%20%20%20%10%10% 
66(enam) kali     20%40%10%10%10%10%
75(lima) kali      20%20%20%20%20%

Note : Persentase di hitung dari paket Semester 1

Cashback akan diberikan pada Bulan Oktober 2023.